Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog


Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog


Menjadi mitra Adsense adalah dambaan seorang blogger yang telah berjuang dilakukan berbagai cara agar dapat menjadi publisher adsense. Setelah di terima langkah selanjutnya yaitu meletekan iklan adsense pada blog yang harus dilakukan, apa lagi masih tahap review. Sebenarnya meletakan iklan adsense dimana saja boleh yang penting tidak melanggar kebijakan adsense yang sudah di tentukan. Dan meletakan iklan adsense ada 2 cara yaitu dengan cara melalui widget dan dengan cara melalui kode HTML pada tema blog.

Sebenarnya sudah banyak yang membagikan tutorial seperti ini oleh master-masternya yang lebih paham tentang ini, sedangkan saya hanya berbagi sebatas pengalaman saya sebagai blogger pemula, artikel saya peruntukan para pengujung blog saya sebagai bahan bacaan tambahan. Dan untuk Cara Menempatkan Iklan Adsense di blog dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini yang pernah saya terapkan pada blog saya ini.

Baca : Cara Dan Langkah Daftar Google Adsense Lewat Blog

Untuk menempatkan iklan adsense di blog/website terlebih dahulu buat Unit Iklan yang akan di tempatkan pada blog/website, tentunya dengan akun adsense yang sudah disetujui oleh google adsense. Langkah-langkah membuat Unit Iklan silahkan simak dibawah ini.

Pertama masuk ke akun Adsense kemudian ke menu My Ads dan pilih Ad Units kemudian klik tombol New ad unit lihat gambar dibawah ini.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Selanjutnya akan dialihkan ke laman New ad unit dan ada tiga pilihan iklan yang dapat dibuat sebagai contoh saya pilih Text & display ads perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Kemudian lanjut pengaturan iklan seperti nama unit iklan, menentukan ukuran iklan, jenis iklan, gaya iklan teks, bisa di sesuaikan dengan tema blog/website.

Ad Size (Ukuran Iklan)
Untuk ukuran terdapat banyak pilihan yang di sediakan seperti Recommended, Horizontal banner, Vertikel banner, Rectangular, Responsive, Custom size, Link ads. Pilih ukuran iklan sesuai tema blog.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Ad Type (Jenis Iklan)
Bila ukuran sudah di tentukan kemudian jenis iklan, pada jenis iklan ada tiga pilihan yang di sediakan seperti Text & display ads (Iklan teks & bergambar), Display ads only (Hanya iklan bergambar), dan Text ads only (Hanya iklan teks), pilih salah satu sesuai yang cocok untuk ditempatkan di blog.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Text ad style (Gaya iklan teks)
Banyak beberapa pilihan gaya iklan teks yang di sediakan, dan dapat di  edit tampilan gaya iklan teks seperti warna teks, background dan border yang dapat di sesuaikan dengan tema blog dengan klik tombol Copy and edit.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Dan opsi yang lain biarkan saja tak perlu di ubah, dan yang terakhir Save and get code (Simpan dan dapatkan kode), kemudian akan muncul tab Kode iklan, selanjutnya copy kode iklan tersebut. Langkah selanjutnya menepatkan pada blog.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Baca : Cara Block Iklan Adsense Dengan Aman Yang Tidak Di Inginkan

Cara menempatkan iklan adsense dengan melalui widget

Biasanya meletakan iklan adsense melaului widget kebanyak yang sering saya jumpai pada blog-blog tentangga adalah pada Sidebar, Header, bawah header dan footer, tergantung pada tata letak tema blog masing-masing. Dan caranya sebagai berikut.

Pada dasbor blogger pilih menu Tata Letak kemudian tambahkan gadget baru dan pilih HTML/JavaScript,

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Selanjutnya pastekan kode iklan tersebut dalam kolom konten dan pada judul di kosongkan atau juga dapat diisi dengan syarat judul seperti Iklan, Adsense atau Advertising.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Kemudian klik Simpan dan lihat hasilnya bila iklan sudah aktif maka akan muncul di halaman blog.

Untuk menempatkan iklan melalui wiidget dapat dilakukan secara langsung, caranya sama di atas hanya saja pada tab tambahkan gadget pilih Adsense. Karena bila blog/website sudah di setujui oleh Adsense maka menu Adsense tersebut pada gadget akan muncul secara otomatis.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Kemudian akan muncul tab Mengonfigurasi Adsense, di tab ini dapat menentukan format dan warna yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan tema blog.

Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog

Bila sudah sesuai klik Simpan dan lihat hasilnya.

Baca : Cara Menempatkan Iklan Adsense In-Feed Ads Di Blog

Cara menempatkan iklan adsense dengan melalui kode HTML tema blog

Bila melalui HTML tema blog biasanya iklan adsense di letakan di dalam artikel seperti di atas judul, di bawah judul, atau di tengah-tengah artikel. Perlu diperhatikan untuk menempatkan kode iklan yang  diletakan pada tema blog tidak sembarang mengcopy paste kode iklan tersebut karena dapat terjadi error saat menyimpan tema yang sudah ditambahkan kode iklan, karena pada kode iklan terdapat karakter yang tidak diperbolehkan di tema blog. Untuk menghindari sebelum meletakan kode iklan yaitu dengan cara di parse kode iklan terlebih dahulu sebelumnya. Dan caranya seperti dibawah ini.

Parse Kode

  • Masuk ke Dasbor Blogger pilih Tema kemudian Edit HTML
  • Selanjutnya cari kode <data:post.body/> dengan tombol Ctrl+F untuk mempermudah pencarian
  • Bila sudah ketemu kode tersebut kemudian copy kode iklan yang sudah di parse, untuk iklan dibawah judul postingan pastekan diatas dan dibawah untuk iklan dibawah artikel pada kode <data:post.body/> dengan tambahkan kode HTML dibawah ini.

     <div style='float:center; margin:20px'>
    Kode unit iklan adsense yang diparse
    </div>

Keterangan :
Posisi iklan dapat ditentukan misal posisi iklan ingin disebelah kiri atau kanan, tinggal diganti saja center dengan posisi yang diinginkan.
Simpan dan lihat hasilnya, iklan akan muncul disemua postingan dibawah judul dan dibawah artikel.

Dan untuk menempatkan iklan di tengah artikel caranya kurang lebih seperti diatas

  • Cari kode <data:post.body/> yang berada dibawah kode seperti dibawah ini

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>

  • Kemudian ganti kode <data:post.body/> tersebut dengan kode dibawah ini

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
Kode unit iklan adsense yang diparse</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

Keterangan:
  • Ganti kode yang berwarna biru “Kode unit iklan yang diparse” diatas dengan kode unit iklan yang sudah diparse.
  • Dan untuk mengatur posisi iklan berada pada baris artikel cukup mengganti tulisan berwarna merah angka 2 dengan angka yang lain, misal posisi iklan akan ditempatkan pada posisi baris ke 3 atau yang lainnya maka angka 2 di atas diganti dengan angka 3 atau yang lainnya.

Catatan:
Disetiap tema kode <data:post.body/> terdapat lebih dari satu, biasanya yang di gunakan kode yang ke 2 atau 3, Bisa juga dicoba satu persatu kode tersebut.

  • Simpan dan lihat hasilnya, semoga sukses dan terimakasih,...

Belum ada Komentar untuk "Cara Menempatkan Iklan Adsense Di Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel